Musrenbang Kecamatan Bantan Tahun 2021

Foto untuk : Musrenbang Kecamatan Bantan Tahun 2021

Bantan Kamis (25/2/2021) Kepala Bappeda Kab. Bengkalis Hadi Prasetyo membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kecamatan Bantan Tahun 2021, di Aula Kantor Camat Bantan.

Dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes), acara dimulai Pukul 08.00 WIB, Turut hadir pada acara Musrenbang ini Bupati Bengkalis yang diwakili oleh pejabat Fungsional Perencana Madya Bappeda Ir. H. Jondi Indra Bastian, MCRP, Anggota DPRD Kab.Bengkalis Askori, S.St.Pi, Kepala Bappeda Kab. Bengkalis Hadi Prasetyo, Camat Bantan Drs. Sufandi, MP, Sekcam Bantan Risky Afriandy, S.STP.,M.Si selaku moderator dalam kegiatan musrenbang , beserta staf, Upika dan Kepala UPT Se-Kecamatan Bantan, serta Kepala Desa se-Kecamatan Bantan.

Dalam sambutannya, Camat Bantan mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena pelaksanaan musrenbang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan dari ini semua tidak mengurangi esensi dari musrenbang itu sendiri. Sufandi menambahkan khususnya Kepada Kepala desa, Upt se Kecamatan Bantan yang hadir pada hari ini, kita tidak boleh pesimis, dan harus optimis, bahwa ketika di tahun 2021 apa yang kita rencanakan ini belum dapat dimunculkan karena kemampuan anggaran dan waktu, tetapi kita tetap harus berusaha dari sisi-sisi yang lain.

Camat Bantan juga menyampaikan bahwa Musrenbang Desa telah selesai dilaksanakan. Musrenbang kali ini berfokus pada perencanaan dan pembangunan yang ada di Kecamatan Bantan. Camat Bantan juga menyampaikan fungsi dari dilaksanakannya kegiatan musrenbang kecamatan yakni yang pertama untuk penajaman, kemudian penyelarasan kebijakan yang melalui kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa. Hal ini tentunya akan kita integrasikan dengan beberapa hal diantaranya adalah untuk merujuk kepada usulan RKPDes yang sangat prioritas. Prioritas disini berarti hal tersebut sangat penting akan tetapi belum bisa direalisasikan karena kemampuan dana yang belum ada.

Dalam musrenbang ini tentunya membahas dan menyepakati kegiatan yang ada di wilayah  kecamatan bantan dalam cakupan pembangunan desa untuk mendorong supaya pembangunan yang sifatnya Bottom Up dapat diselaraskan dengan pembangunan yang ada di Kab. Bengkalis dan tentunya tetap merujuk/ mengarah kepada RPJMD Kab. Bengkalis. Untuk mewujudkan hal ini tentunya diperlukannya sinkronisasi antara pemerintas desa, kecamatan, dan kabupaten.

Tentunya dalam hal ini gunanya untuk menterjemahkan beberapa fungsi diantaranya :

  1. Fungsi sinkronisasi perencanaan dan pembangunan antara desa dan kabupaten;
  2. Untuk menyelaraskan fungsi pembangunan yang partisipatif;
  3. Untuk penyusunan program pemberdayaan manusia.

Download

Garifk Penduduk